Senin, 17 Januari 2011

psikologi-ku: Memahami anak, Menyuruh tanpa memaksa

psikologi-ku: Memahami anak, Menyuruh tanpa memaksa: "' Ah mana mungkin, disuruh dengan paksa saja, tidak mau belajar, apalagi kalau tanpa dipaksa, mana mau ia bela..."

6 komentar:

  1. setiap anak tidak ingin di paksa untuk belajar setiap anak pasti ada kemamuan sendiri untuk belajar dan ini pernah saya alami dalam kehidupan sehari-hari kalau saya tidak mau belajar saya kehilangan konsenterasi untuk belajar dan pada saat saya bersemangat pasti saya akan giat belajar (dharma septian denny BK smt 1 pagat)

    BalasHapus
  2. kita sebagai calon orang tua, sangat perlu mengetahui pola anak ,, karena kalau anak disuruh dengan paksa mka akan menyebabkan si anak tidak bahagia, dan bahkan akan menyimpang,,,.. jadi, sebagai orang tua harus mengerti keinginan si anak untuk kebahagiannya.

    BalasHapus
  3. memang benar setiap anak tidak ingin dipaksa dalam belajar karena anak bisa sadar sendiri dan pasti anak mempunyai keinginan unntuk belajar jadi kita tidak perlu memaksa anak dalam belajar.
    (Erna Lidiya,jurusan BK\smstr 1\kls pagat)

    BalasHapus
  4. tiap anak mmng tidak ingin dipaksa dlm belajar tapi kita sbg org tua berkewajiban mengarahkan anak agar bs mnjadi anak yg pintar,mandiri dan maju.kt sebagai org tua memang tdk bs memaksakan kehendak kt tp kita jg tidak bs menuruti semua kehendak anak oleh karena itu orang tua hrs pintar dlm melakukan pendekatan sama anak dgn cara memberikan perhatian lebih sehingga secara tidak langsung kt bs mengarahkan anak tanpa hrs memaksanya.

    (Nur Ainah,jursn BK/smstr 1/kls Pagat(UVAYA)

    BalasHapus
  5. Menurut saya ,tidak seharusnya anak di paksa belajar .Anak bisa akan berfikir dengan semestinya sendiri. Orang tua cuma bisa memberikan motivasi dan bimbangan kepada anak-anaknya. Tidak perlu di paksa atau di kerasi karena akan cenderung menjadi beban buat anak itu sendiri dan akan memberikan dampak negatif . Seperti halnya ingin mencoba-coba hal yang belum ia ketahui dari teman sejawatnya. Saat berada di lingkungan sekolah , guru yang aktif memberikan motivasi kepada anak didiknya . Seperti memberikan pelajaran tambahan ,guru tugasnya tidak hanya mengajar tapi mengetahui tingkah laku anak tersebut dan guru tidak pilih kasih kepada anak didiknya . Bahkan bukan saja guru kelas yang fokus memberikan motivasi kepada anak didiknya tapi yang harus berperan penting adalah guru BK .Salah satu tugas BK adalah memberikan pengarahan ,bimbingan ,motivasi dll.


    EKA SRI RAHAYU NINGSIH
    12862061364
    FKIP PGSD NON REGUER
    SEMESTER 4

    BalasHapus
  6. Agar anak tidak merasa di paksa saat belajar dapat dilkakukan dengan melakukan metode bermain atau menimbulkan maanfaat dari belajar itu sendiri .

    BalasHapus